Stasiun PSDKP Belawan Laksanakan Kegiatan Evaluasi Standar Pelayanan dan Peningkatan Indeks Kepuasan Masyrakat (IKM) dan Pelayanan Publik

Belawan – Pelaksanaan kegiatan Evaluasi Standar Pelayanan dan Peningkatan Indeks Kepuasan Masyrakat (IKM) dan Pelayanan Publik Stasiun Pengawasan SDKP Belawan Tahun 2017 dilaksanakan di Aula Stasiun Pengawasan SDKP Belawan, Jl. Gabion Belawan  Medan pada tanggal 05 Oktober 2017 yang diikuti oleh 50 (Lima puluh) orang yang terdiri pelaku usaha penangkapan ikan, unit pengolahan ikan, dan instansi terkait yang dibuka oleh Sekretaris Direktorat Jenderal Pengawasan SDKP, Bapak Waluyo  Sejati AbuThohir  didampingi oleh Direktur P2SDP, Bapak Agus Priyono  dan Kepala Stasiun Pengawasan SDKP Belawan, Bapak Donny Muhamad Faisal.

Dalam Kata sambutannya, Bapak Waluyo Sejati Abuthohir menegaskan bahwa Surat Laik  Operasi (SLO)  bukan merupakan izin melainkan sebagai alat control (pengawasan) untuk kelengkapan dokumen perikanan bagi pengusaha penangkapan ikan. Beliau juga menegaskan bahwa masih banyak PR dalam pengawasan sumber daya kelautan dan perikanan diindonesia, dimana luasnya wilayah yang diawasi tidak diimbangi  dengan UPT Pengawasan yang ada di Indonesia. Hanya ada  6 UPT setingkat Eselon III dan 8 UPT setingkat Eselon IV. Beliau juga mengapresiasi kehadiran stake holder khususnya Pengusaha Perikanan yang hadir di acara ini untuk menilai dan mengevaluasi standar pelayanan yang dilaksanakan oleh UPT Stasiun PSDKP Belawan. Masalah yang dibahas antara lain, masih terlambatnya pengiriman vms oleh provider, belum selesainya pengukuran ulang kapal, dan pencemaran ikan di sungai dan danau yang tidak terpantau oleh psdkp. Untuk itu  sesdit mengundang instansi – instansi terkait untuk berkoordinasi dalam penyelesaian masalah-masalah tersebut.

Sedangkan Bapakak Agus Priyono dalam paparannya memaparkan SLO dan persyaratan administrasi dan kelayakan teknis pada setiap jenis kapal perikanan serta prosedur pemeriksaan kedatangan dan keberangkatan kapal perikanan.

Dalam acara ini terdapat sesi Tanya jawab narasumber dengan pelaku usaha, dan juga di isi oleh narasumber lainnya, yaitu ibu Wati selaku Inspektorat II KKP dan Ibu Sundari selaku Kasubbag Organisasi dan Tata Laksana PSDKP.

Sementara Ibu Wati (Itjen II KKP) memaparkan Evaluasi Standart Pelayanan. Paparan terakhir dari Ibu Sundari menjelaskan Standar Pelayanan HPK dan SLO serta Standar Pelayanan LVHPI

(Rz/PSDKP Belawan)

 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *